Prodi Informatika UNS, 10 Besar Prodi PTN Favorit di Indonesia

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Sebagai konsekuensi, kebutuhan akan lulusan perguruan tinggi berbasis Teknik Informatika pun semakin tinggi.

Hal itu pula yang menjadi alasan para calon mahasiswa memilih Teknik Informatika sebagai jurusan pilihan dalam seleksi nasional, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Teknik Informatika di sejumlah PTN tampak kebanjiran peminat selama beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data SBMPTN yang dirangkum Okezone, Rabu (4/6/2014) terdapat 10 PTN di mana program studi (prodi) Teknik Informatika nya menjadi incaran siswa SMA. Penasaran? Berikut rinciannya.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Prodi Teknik Informatika menuai peminat hingga 1.514 peserta pada 2013 dengan daya tampung sebanyak 30 kursi.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung
Masih di Kota Kembang, jurusan Teknik Informatika kampus di bawah asuhan Ganjar Kurnia itu kebanjiran 2.630 peminat pada tahun lalu. Sementara daya tampung yang tersedia hanya 40.

3. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
Beralih ke Semarang, prodi Teknik Informatika Undip sukses menarik perhatian 1.960 peminat di tahun lalu. Sedangkan kursi yang tersedia untuk jurusan tersebut hanya sebanyak 42.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
Tahun lalu, jurusan Teknik Informatika di kampus asal Kota Pahlawan itu dibanjiri 1.865 peminat. Para peminat tersebut harus memperebutkan 60 kursi yang tersedia pada jurusan di bawah naungan Fakultas Informasi dan Teknologi (FTIF) itu.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Jurusan Teknik Informatika ternyata juga diminati oleh para calon guru. Di UNY, prodi Pendidikan Teknik Informatika menjadi pilihan 1.709 peserta pada 2013 dengan daya tampung hanya 24 kursi.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Untuk bisa menjadi mahasiswa jurusan Informatika di UNS, peluang para pelajar ialah 1:86. Sebab, tahun lalu dari 1.629 peminat, UNS hanya menerima 19 mahasiswa prodi Informatika.

7. Universitas Udaya (Unud) Bali
Tahun lalu, jurusan Teknik Informatika Unud memiliki 504 peminat. Sementara daya tampung yang tersedia sebanyak 18 kursi.

8. Universitas Brawijaya (UB) Malang
Pada 2013, peminat prodi Teknik Informatika UB mencapai 2.549 peserta. Seluruh peminat tersebut harus memperebutkan 240 kursi tersedia.

9. Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar
Jurusan Teknik Informatika memiliki peminat paling banyak pada 2013. Tahun lalu, tercatat 2.862 peserta memilih prodi Teknik Informatika sebagai pilihan dengan kursi yang tersedia hanya 18.

10. Universitas Syah Kuala (Unsyiah) NAD
Prodi Informatika di universitas tertua di Aceh itu memiliki 2.114 peminat pada 2013. Sedangkan kursi yang tersedia sebanyak 24.

Sumber : Okezone

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.