Prodi Informatika Bantu Warga Kelurahan Mahanan Implementasikan Sistem Keamanan Mandiri Berbasis Smart CCTV

Secara geografis wilayah kelurahan Manahan terletak ditengah kota Surakarta. Wilayah tersebut sangat strategis karena terdapat beberapa bagunan penting seperti lapangan olahraga berskala internasional, beberapa sekolah SMP/SMA serta kantor Polisi Resort Kota. Banyaknya aset penting tersebut selain membawa dampak positif bagi ekonomi warga sekitar juga membawa dampak negatif khususnya gangguan keamanan di kelurahan Manahan. Gangguan keamanan yang pernah terjadi diataranya kerusuhan antar suporter sepakbola, tindak kejahatan terorisme bom bunuh diri serta ganguan keamanan pencurian dan penjambretan. Upaya menjaga keamanan masyarakat di kelurahan Mahanan sudah dilakukan. Setiap RT terdapat sebuah sistem penjagaan keamanan yang dikenal dengan nama sistem keamanan lingkungan atau siskamling.

Siskamling pada awalanya cukup efektif untuk menekan angka kriminalitas. Seiring berjalannya waktu banyak warga yang tidak bisa mengikuti sistem tersebut karena kesibukan warga yang semakin padat. Diskusi dengan warga diperoleh informasi bahwa warga belum memilik pengetahuan tentang bagaimana cara pemasangan dan pengoperasian CCTV. Warga juga tidak memiliki pengetahuan tentang pengambilan alat bukti kejahatan berupa soft file rekaman foto dan video didalam alat CCTV. Selain itu warga juga belum memiliki pengetahuan tentang modus-modus kejahatan dan bagaimana cara mencegahnya. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, perlu dilakukan pencarian solusi untuk penyelesaian masalah.

Untuk membantu warga dalam sistem keamanan mandiri, diberikan solusi berupa implementasi teknologi smart security camera. Pemasangan smart CCTV dilakukan di 8 titik di lingkungan Kelurahan Manahan. Untuk konektivitas antara alat perekam Digital Video Recorder (DVR) dengan smart security camera menggunakan teknologi Wireless Radio. Hal ini dikarenakan letak gegrafis lokasi mitra yang cukup jauh antara titik pemasangan smart security camera satu dengan yang lainnya. Agar smart security camera bisa diakses dimanapun oleh warga, implementasi ini memanfaatkan teknologi Internet of Thing (IoT). IoT merupakan suatu pengembangan internet yang sedang berjalan dimana benda-benda memiliki kemampuan komunikasi yang membuat mereka dapat mengirim dan menerima.

Gambar 1. Aktivitas Pemasangan alat smart CCTV Camera di lokasi warga

Selain penerapan teknologi tepat guna smart security camera, warga juga membutuhkan dukungan dari sisi manajemen. Langkah awal yang dilakukan oleh Tim PKM UNS adalah memberikan pengetahuan kepada warga terkait dengan people awareness agar warga lebih peduli terhadap keamanan lingkungan melalui sosialisasi tentang modus-modus kejahatan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mencegah terjadinya kejahatan di lingkungan warga.

Tim PKM UNS juga melakukan sosialisasi dan pendampingan lapangan terkait dengan pemasangan, pengoperasian dan perawatan alat smart security camera untuk mendukung sistem keamanan mandiri. Foto kegiatan pada pada pelatihan tersebut dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2. Foto Kegiatan Sosialisasi Kepada Mitra

Langkah terakhir dalam tahapan pendekatan manajemen adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait bagaimana cara pengambilan alat bukti kejahatan yang berupa soft file dalam bentuk foto dan rekaman video didalam alat smart security camera dengan menggunakan sistem informasi berbasis mobile phone. Sofware berbasis mobile phone yang digunakan untuk melihat dan menampilkan gambar/rekaman camera ditampikan pada gambar 3.

Gambar 3. Tampilan Sofware Yang digunakan Untuk Mengakses Smart CCTV melalui Handphone

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.