Tim Grup Riset Computational Science & Engineering Selenggarakan Kegiatan Workshop Pemanfaatan SPSS Untuk Meningkatkan Kompetensi Olah Data Statistik Bagi Guru SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali

Tim Grup Riset Computational Science & Engineering (RG CSE) Universitas Sebelas Maret Surakarta, menginisiasi adanya pembelajaran dan pendampingan Guru SMA dalam rangka peningkatan kompetensi pengolahan data statistik dengan memanfaatkan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). SPSS merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak komputer yang digunakan untuk analisis statistik. Inisiasi ini diimplementasikan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2020, dengan didanai dari hibah Grup Riset dana PNBP(Pendapatan Negara Bukan Pajak) UNS tahun 2020. Kegiatan P2M ini bekerjaama dengan SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali Jawa Tengah, diikuti oleh 21 peserta Guru SMA 1 Kemusu Boyolali.

Ketua Pengabdian Masyarakat Wiharto menjelaskan bahwa masih banyak guru yang kesulitan dalam melakukan olah data statistik terutama dalam merepresentasikannya dalam karya ilmiah. Padahal kemampuan pengolahan dan penyajian data penelitian merupakan faktor penting dalam penulisan karya ilmiah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan olah olah data statistik khususnya bagi Guru SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali. Kegiatan P2M ini dilakukan secara luring dan daring selama kurang lebih 3 bulan diadakan tiap minggu sekali mulai dari 29 Agustus 2020 sampai dengan 7 November 2020, sebanyak 10x pertemuan. Kegiatan luring dilakukan di SMA 1 Boyolali dengan menerapkan protokol kesehatan sebanyak 2x dan 8x pertemuan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan google meet dan google classroom. Para guru diberikan materi antara lain Proses Instalasi, pengenalan SPSS, Variabel-variabel SPSS, Import export database, Statistik deskriptif, Penyajian data dalam bentuk diagram, Uji Kenormalan Data, Analisis Inferensi: Uji T one sample, Analisis Inferensi: Uji T sample berpasangan. Setiap materi diberikan penugasan kepada para guru untuk pendalaman materi yang sudah disampaikan tim pengabdi, dan diberikan review atau feetback terhadap jawaban yang sudah dikumpulkan.

Para Guru SMA 1 Kemusu Boyolali mengikuti Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan SPSS oleh tim pengabdi UNS di SMA N 1 Kemusu Boyolali (29/08/2020)

Di samping peltihan SPSS, kepala Sekolah SMA N 1 Kemusu Boyolali Drs. Sriyono, meminta tim pengabdi untuk menambahkan pelatihan pembuatan video pembelajaran di akhir materi SPSS, untuk mendukung para Guru dalam menyampaikan materi pembalajaran kepada anak didik secara daring, pada masa pandemi covid ini. Maka di akhir pelatihan SPSS tim pengabdi menyisipkan materi pelatihan menngenai pembuatan video pembelajaran yang dilakukan secara luring atau tatap muka di SMA 1 Kemusu Boyolali. 

Tim pengabdi UNS dalam Pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan SPSS serta pembuatan video pembelajaran, diikuti peserta para Guru SMA N 1 Kemusu Boyolali, di SMA N 1 Kemusu Boyolali (07/11/2020)

Ketua pengabdian menyatakan bahwa setelah dilakukan tahap evaluasi terhadap kegiatan pelatihan SPSS ini secara umum dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam melakukan olah data statistik. Sebelumnya dilakukan pelatihan telah ada peserta yang mengetahui adanya aplikasi olah data statistik sebanyak 30% dan setelah diadakan pelatihan SPSS 100% dari peserta telah dapat mengetahui dan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan analisis data statistik dengan menggunakan SPSS, ini berarti secara umum ada 70% peningkatan kemampuan dalam olah data statistik dengan menggunakan SPSS, meskipun masih banyak kendala yang dihadapi oleh peserta, terutama masih kurang terbiasa dan kurang latihan yaitu sebanyak 85%.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.