Research Group Data Information Knowlegde and Engineering UNS mengelar acara sosialisasi dan pendampingan implementasi Google Suite for Education (GSE) untuk meningkat proses belajar mengajar pada Guru dan Siswa SMP Negeri 2 Surakarta pada hari senin tanggal 28 Juni 2021. Acara dilaksanaan secara daring melalui google meet, di ikuti oleh 73 peserta perwalilan Guru dan Perwalilan Siswa. Kegiatan dilatar belakangi karena pandemi covid 19 yang sangat berdampak luas pada berbagai sektor, diantaranya adalah sektor pendidikan. Guru dituntut untuk memastikan proses belajar mengajar berjalan dengan baik, walaupun murid berada pada rumah masing-masing.

Haryono Setiadi selaku pemateri dalam acara tersebut menyatakan bahwa metode yang digunakan oleh guru pada pandemi covid 19 ini adalah dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) lewat media online seperti whatsapp, goole clasroom, google form, google meet dan sebagainya. Kondisi ini menimbulkan permasalahan yaitu PJJ belum efektif dan maksimal jika di implementasikan pada sekolah yang infrastukturnya belum memadai. Hal ini diakibatkan PJJ berbasis teknologi membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya.

Acara sosialisasi dan pendampingan pemafatan google suite for educaton

Lebih lanjut haryono menyatakan bahwa salah satu solusi permasalahan PJJ adalah dengan melakukan implementasi Google suite for education (GSE) di SMP Negeri 2 Surakarta. GSE adalah paket layanan Google berbasis cloud yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen institusi berbasis email Gmail yang sekaligus dapat di akses dengan aplikasi mobile. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Akun belajar.id merupakan akun Google Suite for Education. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Akun belajar.id merupakan akun Google Suite for Education yang mempunyai banyak kelebihan, diantaranya: Penyimpanan file tanpa batas di Gmail dan Google Drive. Fitur-fitur yang lebih canggih, seperti Google Chat, Google Classroom, Google Meet, dan Google Drive dengan penyimpanan yang lebih banyak.

Acara sosilasasi dan pendampingan pemanfatan Google Suite for education berlansung kurang lebih 120 menit. Para guru dan murid sangat antusias menerima materi yang diberikan oleh tim pemateri dari Tim Pengabdian Masyarakat RG DIKE. Hal tersebut dibuktikan pada sesi tanya jawab dari guru dan murid dengan tim Pengabdian Masyarakat. Di akhir acara Dewi Wisnu Wardhani selaku ketua RG DIKE UNS menyampaikan bahwa, acara tersebut adalah awal dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh RG DIKE. Lebih lanjut Dewi berharap bahwa ada keberlajutan kegiatan tersebut yaitu kegiatan workshop lainnya untuk mendukung para guru dan siswa SMP Negeri 2 Surakarta dalam melakukan proses belajar mengajar.