Tim Pengabdian Informatika Membantu Meningkatkan Kompetensi Pembuatan Artikel Ilmiah Guru Di Smk Negeri 1 Gantiwarno Klaten Melalui Pemanfaatan Software Manajemen Referensi dan Pengolah Data

Tim pengabdian informatika melaksanakan pendampingan bagi guru-guru di SMKN 1 Gantiwarno Klaten untuk meningkatkan kompetensinya dalam menulis artikel dengan memanfaatkan software-software yang memudahkan dalam penulisan artikel yaitu zotero untuk manajemen referensi dan SPSS untuk mengolah data. Kegiatan ini dilatarbelakangi karena susahnya para guru untuk meningkatkan pangkat karena adanya persyaratan melakukan publikasi ilmiah. Sementara itu, membuat karya ilmiah seringkali menjadi kesulitan tersendiri para guru karena beberapa faktor antara lain sulitnya menemukan dan mengembangkan ide, rendahnya pemahaman tentang teknik penulisan, dan gagap teknologi. Untuk itu pada pendampingan ini, selain penyelesaian masalah gagap teknologi dalam penulisan artikel juga diberikan pembimbingan dalam hal teknik penulisan yang baik.

Pendampingan ini diikuti 20 guru-guru di SMKN 1 Gantiwarno. Proses pendampingan dilakukan dengan secara luring dan daring menggunakan google meet. Selain dalam bentuk tatap muka, digunakan juga proses konsultasi dengan memanfaatkan WhatsApp Grup dan Google Classroom. Peserta cukup antusias mengikuti pelatihan ini yang bisa dilihat dengan banyaknya pertanyaan pada sestiap sesi pelatihan dan pendampingan dan juga terkumpulnya draft artikel dan penelitian tindakan kelas sebanyak 70% dari seluruh peserta.

Desiminasi hasil pendampingan juga dilakukan dengan melibatkan tiga sekolah lain di sekitar Gantiwarno. Pelaksanaan desiminasi dilaksanakan 29 Oktober 2021 mulai jam 09.00 – 11.00, dan dilanjutkan lagi dari jam 13.00 – 15.00 WIB karena antusiasme untuk bertanya peserta desimaninasi yang tinggi pada setiap presentasi yang disampaikan. Bisa disimpulkan bahwa pendampingan ini berhasil meningkatkan minat dan kompetensi guru dalam membuat artikel ilmiah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.