IT CORNER, Peran TI dalam Membentuk Komunitas Kreatif, Mobile Apps for Internet of Things

Sabtu, 28 Mei 2016. HIMASTER FMIPA UNS menyelenggarakan acara IT CORNER. IT CORNER merupakan salah satu program kerja dari HIMASTER FMIPA UNS yang berupa seminar. Pada tahun ini IT CORNER mengambil tema “Peran TI dalam Membentuk Komunitas Kreatif, Mobile Apps for Internet of Things”. Pada seminar ini pembicara yang didatangkan tidak hanya satu. Pembicara IT CORNER kali ini yaitu Silvester Adi Surya, seorang founder dari INDOWIFI dan co-founder dari ONOOPO, dan Deska Muhammad Faisal, Product Engineer Go-Jek. Acara ini dimoderatori oleh Dadang Aris Setyo Budi, Juara II Mawapres UNS D3.

Acara dibuka oleh dua MC dari panitia IT CORNER yaitu Berton Arie dan Indah Sri Utami. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Chairul Umam Achmad, dan ketua HIMASTER, Anas Falih. Setelah pengenalan CV dari kedua pembicara dan moderator acara memasuki acara inti, yaitu pemaparan materi oleh pembicara. Acara dipandu oleh moderator dan pembicara pertama adalah Silvester Adi Surya.

Pada awal pemaparan Silvester memaparkan pengertian dari Internet of things itu sendiri. Internet of things merupakan barang-barang yang terkoneksi internet. Selanjutnya dipaparkan bahwa jumlah dari barang yang terkoneksi internet lebih banyak dari jumlah manusia di dunia. Hal ini dimulai dari tahun 2008.Contoh aplikasi dari internet of thing antara lain adalah Jejak, jejak merupakan aplikasi yang ditempelkan pada truk yang dimana dapat mengecek kecepatan truk dan memberitahu pemilik dan pengendara truk jika kecepatan truk melewati batas normal/ketentuan. Contoh lainnya adalah INDOWIFI, indowifi merupakan aplikasi yang memaksimalkan kepemilikkan router. Internet of things dapat dalam bentuk Bluetooth, Wi-fi, Ethernet, RFID, dsb.

Setelah pemaparan materi dibuka sesi tanya jawab oleh moderator. Sesi tanya jawab pertama dibuka untuk tiga orang penanya dan sesi kedua dibuka untuk dua orang penanya. Pada sesi tanya jawab ini terdapat beberapa inti yang dapat diambil, yaitu: Sebuah program yang mengambil data dari pemakainya seperti INDOWIFI, tidak akan mengambil data yang sifatnya rahasia dan tidak diperbolehkan oleh pengguna, data yang diambil adalah data dasar dari pengguna. Setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda, akan tetapi ada kemungkinan pada suatu ketika terdapat kesamaan. Implementasikanlah idemu dan jangan takut kehilangan idemu. Keahlian didapat dari belajar, asahlah keahlianmu dengan belajar dimanapun. Ketika mempunyai keinginan untuk membangun sebuah start up jangan takut karena tidak mempunyai modal, ikutilah program-program pemerintah yang akan memodali start up.
Setelah sedikit promosi dari sponsor yaitu, Biznet. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara kedua, yaitu Deska Muhammad Faisal. Deska mengajak para peserta untuk membangun Indonesia dengan teknologi, Build Indonesia with Technology. Deska memaparkan pula mengenai bagian dari team Go-jek yang membangun aplikasinya. Dimana salah satu bagian dari team Go-Jek yaitu producer engineering, orang-orang yang merupakan front dan back end dari developer aplikasi.

Setelah sesi pemaparan materi kedua dibuka pula sesi tanya jawab, dimana seperti dengan sebelumnya sesi tanya jawab pertama dibuka untuk tiga orang dan kedua untuk dua orang. Untuk sesi tanya jawab ini terdapat tambahan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, Deska membagi pengalaman bagaimana Beliau dapat bergabung dan bekerja sebagai product engineer Go-Jek. Tidak hanya itu, Beliau membagi tips bagaimana jika otak sudah buntu dan jenuh dengan codingan yang mengalami error.Tidak hanya itu, Deska juga berbagi mengenai bahasa pemograman apa yang biasa dipakai untuk pengembangan aplikasi.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara kembali dipandu oleh MC. MC menanyakan bagaimana kesan setelah mengikuti seminar IT CORNER ini. Pertanyaan ini dijawab oleh salah satu peserta, Nanda, mahasiswa dari FSRD UNS. Setiap peserta yang kedepan dan mengajukan pertanyaan mendapatkan doorprize dari panitia. Setelah penyerahan kenang-kenangan pada pembicara, acara resmi ditutup dan peserta dipersilahkan untuk pulang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.