Kuliah Tamu Etika Profesi 2021 : Tech-Xperience

Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali mengadakan Kuliah Tamu Etika Profesi pada Sabtu (16/10/2021) dan diselenggarakan secara online menggunakan platform zoom meeting. Pada Kuliah Tamu Etika Profesi kali ini mengundang Peter Jack Kambey selaku IT Manager and Head of Executive PHP Indonesia Community.

Dalam sambutannya, Haryono Setiadi, selaku dosen Mata Kuliah Etika Profesi Program Studi Informatika menjelaskan tujuan diselenggarakannya kuliah tamu ini agar mahasiswa maupun mahasiswi mendapatkan gambaran mengenai karir dunia IT serta mengetahui apa saja teknologi yang ada di dunia IT melalui praktisi dari dunia industri khususnya pada bidang IT. Selain itu, kuliah tamu ini diadakan secara rutin pada tiap semesternya sebagai bagian dari perkuliahan Etika Profesi Prodi Informatika.

“IT tidak hanya melulu technical (database, bahasa pemrograman, dan lain-lain), akan tetapi itu hanya sebagian untuk persiapan sebagai IT Profesional,” papar Peter pada kuliah tamu yang berjudul ‘Tech-Xperience: Reach Your Dream’. Hal ini menjelaskan bahwa teknologi tidak hanya memiliki unsur yang bersifat teknikal saja, melainkan banyak hal yang bersifat non teknikal yang sama pentingnya dengan teknikal seperti sikap profesional dalam pekerjaan. Beliau juga memaparkan bahwa IT bukanlah soal kesempurnaan, ketika bergabung dengan teknologi justru banyak sekali solusi dari berbagai permasalahan.

Hal ini juga berkaitan dengan pentingnya memahami personal diri agar dapat menentukan hal yang lebih efektif, kuat, dan tepat di dalam dunia IT. “Dimulai dari pengembangan diri, kemudian mengalami proses dengan bertemu analisa, permasalahan, dan lainnya, sehingga dapat menjadi ahli teknologi,” papar Peter ketika menjelaskan mengenai lingkaran pengembangan.

“Mindset yang harus dibangun untuk menjadi profesional, ketika keberadaan teman-teman di dunia teknologi, kalian akan men-deliver solusi yang dibutuhkan orang banyak sehingga hidup orang lain akan menjadi lebih mudah. Kuncinya selalu memperbaiki dari sebelumnya agar menjadi lebih bagus.”

“Fondasinya adalah trustworthy, pastikan teman-teman menjadi orang yang dapat dipercaya. Melalui trustworthy, yang diawali dari diri sendiri, akan memberikan kenyamanan kepada customer dengan apa yang telah kita buat.”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.